Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akupuntur Pasca Stroke

Manfaat Yang Diperoleh Dari Terapi Akupuntur Pasca Stroke

Akupuntur Pasca Stroke
Akupuntur Pasca Stroke
Menjalani akupuntur pasca stroke memang membutuhkan persetujuan dari dokter. Sebagian dokter masih mempertanyakan keampuhannya. 

Tetapi jika dilihat dari hasil, nyatanya terapi ini memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung kesembuhan.

Bukti ini telah didapatkan dari sejumlah pengujian. Lebih tepatnya, terapi ini telah banyak membantu pasien. Khususnya meningkatkan kualitas hidup lantaran sistem peredaran darahnya lebih lancar.

Manfaat Akupuntur Pasca Stroke


Bicara mengenai manfaat akupuntur, terapi ini banyak dikaitkan dengan pengobatan tradisional yang ampuh. Penyakit sekelas stroke saja bisa diatasi melalui rutinitas terapi. Ini bisa dilihat dari hasil akupuntur berikut ini klinikakupunturis.com

1. Mengembalikan Mentalitas Pasien


Sehabis menjalani pengobatan, pasien membutuhkan sebuah terapi. Terapi ini digunakan untuk memulihkan diri. Salah satunya ialah memanfaatkan akupuntur pasca stroke ini.

Akupuntur dikaitkan dengan pemulihan lantaran bekerja dalam mengembalikan mentalitas pasien. Tusukan jarum pada titik yang tepat mampu membuat pasien lebih rileks.

Ketegangan ataupun kekhawatiran yang membuat stress bisa menurun. Pasien akan memandang positif pada setiap hal yang dikerjakan. Buahnya, mentalitas inilah yang membuat kepercayaan diri naik sehingga muncullah semangat untuk sembuh.

Sistem dalam tubuh memperoleh sinyal yang baik. Sistemnya dibangkitkan supaya bisa bekerja sebagaimana mestinya. Alhasil, tubuh pasien akan kembali sehat.

2. Mengembalikan Kinerja Sistem Motorik Pasien


Ketika menderita stroke, sebagian sistem syaraf dalam tubuh akan mengalami masalah. Ini dicontohkan dengan sulitnya bergerak, sulit berbicara maupun makan.

Setelah diobati, pasien membutuhkan waktu untuk mengembalikannya. Proses pemulihan akan bertahap. Pasien butuh waktu beberapa minggu atau bulan. Dan kondisinya akan lebih cepat pulih ketika diikuti dengan terapi.

Nah, terapi akupuntur menjadi salah satu pilihan yang terbaik. Akupuntur dipercaya oleh sebuah study bahwa tingkat keefektifan dalam pemulihan pasca stroke lebih tinggi.

Ini didasari oleh kembali lancarnya peredaran darah. Sumbatan dalam pembuluh darah dihilangkan. Dengan begitu, sistem dalam tubuh akan bekerja lebih maksimal.

3. Mengurangi Rasa Sakit


Rasa sakit sering dirasakan oleh pasien. Sakit ini bisa bertahan dalam beberapa hari. Dan ini membuat penderitanya semakin tidak nyaman.

Sebagai bagian dari pencegahan, terapi akupuntur diterapkan. Tusukan jarum secara terpola mampu membuat rasa sakit semakin memudar. Hasilnya, pasien akan merasakan kenyamanan seperti tidak pernah menderita penyakit.

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengunjungi Terapis

Akupuntur Pasca Stroke
Akupuntur Pasca Stroke

Akupuntur ini mendapatkan pro kontra dari pakar kesehatan. Sebagian masih meragukan keampuhan dari pengobatan tradisional ini. Hal ini disebabkan oleh sudut pandang medis.

Pakar kesehatan belum memperoleh bukti kuat mengenai bagaimana terapi ini bekerja dalam mengembalikan kerusakan syaraf. Pasalnya, stroke ini terjadi akibat dari adanya pembuluh darah yang pecah. Dan tusukan jarum tentu saja bukan menjadi solusi untuk mengembalikannya.

Sementara sebagian penelitian hanya menjelaskan bahwa efek dari terapi ini berkaitan dengan mentalitas. Psikologi pasien yang dikuatkan. Sebagai buahnya, ada kepercayaan diri yang terbangun sehingga pasien memiliki keinginan kuat untuk sembuh.

Perlu diingat bahwa kesembuhan seseorang ini berangkat dari pikiran yang positif. Ketika kepercayaan dirinya meningkat, tubuhnya akan terdorong untuk lebih hebat. Artinya, ada penyembuhan dalam diri seseorang.

Melihat berbagai sudut pandang ini, harusnya Anda perlu mencari pertimbangan dari dokter. Dokter ialah orang yang bertanggung jawab atas pengobatan yang Anda jalani. Ketika dokter memberikan lampu hijau, Anda bisa meneruskannya agar pemulihan pasca stroke lebih cepat.

Itulah kurang lebih informasi yang perlu Anda pahami. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang Anda percayai. Apabila diberikan izin, Anda baru memutuskan untuk mengikuti terapi akupuntur pasca stroke ini.

Baca Selengkapnya: Titik Refleksi Stroke