Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Akupuntur Aman?

Apakah Akupuntur Aman? Ini Yang Perlu Diketahui Lebih Dulu

Apakah Akupuntur Aman?
Akupuntur sejak dulu dikenal sebagai pengobatan alternatif. Dengan teknik tusuk jarum yang diyakini bermanfaat bagi tubuh. Namun dengan praktiknya ini, apakah akupuntur aman? Atau malah justru berbahaya dilakukan?

Diketahui merupakan pengobatan tradisional asal Tiongkok. Akupuntur menjadi salah satu yang populer saat ini. Bahkan dibanding pengobatan alternatif lainnya. Akupuntur termasuk pengobatan yang banyak diminati.

Tapi meski begitu, keamanan pengobatan ini ternyata masih diragukan. Mengingat cara pengobatannya yang menggunakan jarum. Untuk ditusukkan di titik-titik tertentu pada tubuh. Sehingga mungkin saja bisa berbahaya.

Itulah mengapa terapi akupuntur seringkali dianggap tidak aman. Lantas bagaimana sebenarnya? Aman atau tidak akupuntur dilakukan?

Apakah Akupuntur Aman Dilakukan?

Apakah Akupuntur Aman Dilakukan
Akupuntur dikenal juga sebagai terapi tusuk jarum. Dalam praktiknya, jarum tipis akan dimasukkan ke dalam kulit. Dengan cara menusukkannya di titik tubuh tertentu. Untuk mengatasi berbagai macam keluhan dan penyakit.
Artikel akupuntur Lainnya klinikakupunturis.com

Walau pengobatan ini terdengar cukup menakutkan. Perawatan akupuntur sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan diklaim minim risiko, aman dan efektif. Namun demikian, masih banyak yang mempertanyakan. Apakah akupuntur aman?

Dilansir dari National Institute of Health, akupuntur dinilai aman secara umum. Dengan catatan, dilakukan oleh praktisi terlatih dan berpengalaman. Juga dengan menggunakan jarum yang steril.

Namun sayangnya, berdasarkan dari News Medical Life Science. Disebutkan ada risiko yang mungkin terjadi. Meliputi risiko umum seperti nyeri, mual dan memar. Serta alergi dan infeksi. Atau risiko serius seperti kerusakan jaringan dan organ tertusuk.

Akan tetapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab tingkat risiko akupuntur tergolong rendah. Risiko umum biasanya tidak serius dan hanya sementara. Meski banyak dialami oleh pasien. Sedangkan risiko serius sangat jarang terjadi.

Jadi, apakah akupuntur aman? Meskipun berisiko, akupuntur ini masih tergolong aman. Di mana selama praktiknya dilakukan dengan benar. Maka pengobatan akupuntur akan aman dilakukan. Juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tips Aman Akupuntur

Pada dasarnya, semua pengobatan pasti memiliki risiko. Di mana tingkat risiko tersebut dapat diminimalisir. Sehingga bisa dilakukan dengan lebih aman dan efektif. Begitu pun juga halnya dengan akupuntur.

Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya risiko. Maka Anda harus memperhatikan keamanannya. Untuk itu, Anda tidak boleh asal-asalan saat menjalani akupuntur. Akan lebih baik perhatikan tips-tipsnya berikut ini:

1. Pastikan Ahli Akupuntur Kompeten

Pastikan Ahli Akupuntur Kompeten

Hal ini sangat penting diperhatikan. Sebelum Anda memutuskan tempat terapi akupuntur. Ketahui dulu apakah ahli akupuntur di sana kompeten atau tidak.

Akan lebih baik pastikan akupunturis telah bersertifikat. Guna memastikan Anda diberikan pelayanan akupuntur yang tepat. Sesuai dengan prosedur yang ada. Dan telah dipastikan aman dilakukan.

Pasalnya, akupuntur memiliki ilmunya sendiri. Di mana hanya orang yang ahli yang diperbolehkan melakukannya. Demi meminimalisir adanya kesalahan dan risiko. Jadi, pastikan ahli akupuntur Anda berkompeten.

2. Ketahui Efektivitas Pengobatan

Ketahui Efektivitas Pengobatan
Selain memastikan ahli akupuntur kompeten. Perhatikan juga perihal efektivitas pengobatannya. Anda tentu tidak ingin terjadi hal buruk, bukan? Untuk itu, Anda harus perhatikan dulu efektivitasnya.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan buruk akibat pengobatan. Seperti risiko komplikasi dan lainnya. Cari tahu semua informasi perihal akupuntur. Pastikan semua harus berdasarkan bukti.

Misalnya, jika akupuntur untuk pengobatan obesitas. Maka cobalah cari jurnal akupuntur seputar obesitas. Yang sudah pasti terpercaya sebagai referensi.

Jadi, apakah akupuntur aman? Jawabannya tergantung pada praktiknya. Jika akupuntur dilakukan oleh profesional dan sesuai prosedur. Maka secara umum, akupuntur aman untuk Anda lakukan.

Baca Selengkapnya: Akupuntur untuk saraf kejepit

Posting Komentar untuk "Apakah Akupuntur Aman?"