Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klinik Terapi Akupuntur Surabaya

Klinik Terapi Akupuntur Surabaya Terbaik Pilihan Pasien

085330982187 Klinik Terapi Akupuntur Surabaya
Klinik Terapi Akupuntur Surabaya

Klinik terapi akupuntur Surabaya menawarkan solusi penyembuhan sejumlah penyakit. Terapi ini dilakukan oleh orang yang ahli. Keahliannya sudah tidak diragukan. Ini dibuktikan dengan banyaknya pasien yang sembuh setelah melakukan terapi.

Terapi ini menganut teori keseimbangan yang ada dalam alam semesta. Manusia yang mengikuti aturan hukum alam bisa beradaptasi dengan baik. Sebaliknya orang yang melanggarnya akan terhukum. Contohnya ialah mengalami sakit yang parah.

Teori ini merupakan bagian dari kepercayaan. Sejauh ini, teori ini dimanifestasikan dalam bentuk pengobatan. Yakni melalui sebuah terapi yang nantinya akan membuat kehidupan seseorang seperti sedia kala.

Asal Usul Akupuntur

Asal Usul Akupuntur
Asal Usul Akupuntur

Akupuntur sudah ada sejak ribuan tahun silam. Keberadaannya di klaim sudah digunakan sejak zaman batu. Tentunya, penggunaan alatnya masih tradisional. Yakni menggunakan sebuah batu yang tajam.

Berubahnya zaman turut mempengaruhi penggunaan peralatan. Jika dulunya menggunakan batu, lambat laun digantikan dengan bambu. Kemudian diubah kembali menjadi perunggu.

Mengenai bangsa yang namanya populer dalam hal akupuntur ialah China. Di sini, akupuntur dianggap sebagai bagian dari pengobatan tradisional China. Ini mengacu pada pemanfaatannya sekitar 5000 tahun silam.

Pengobatan dengan tusuk jarum ini sangat terkenal sejak zaman Cun Ciu. Seorang akupunturis awalnya memanfaatkannya untuk mengobati pangeran kerajaan bernama Hao. Pada saat itu, jarum perunggu ditancapkan pada beberapa titik yang akhirnya menjadi media penyembuhan.

Sejak zaman itu, teknik penyembuhan dengan memanfaatkan jarum terus mengalami perkembangan. Negara seperti Jepang dan Korea juga mulai memanfaatkannya. Kemudian, penggunaannya meluas ke benua biru dan ke penjuru dunia.

Salah satunya adalah di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki banyak tenaga ahli yang sudah membuka praktik penyembuhan dengan metode tersebut. Contohnya ialah klinik terapi akupuntur Surabaya ini.

Cara Kerja Akupuntur

Cara Kerja Akupuntur
Cara Kerja Akupuntur
Tubuh seseorang itu mengandung kekuatan hidup. Kekuatan ini disebut dengan Chi yang mana memadukan unsur Yin dan Yang. Seseorang dikatakan memiliki kualitas hidup lebih baik ketika keduanya seimbang.

Sebaliknya bila tidak seimbang, seseorang akan mengalami permasalahan. Salah satunya ditandai dengan munculnya penyakit.

Dan perlu diingat bahwa kekuatan kehidupan ini memiliki jalur yang terdapat dalam tubuh manusia. Jalur ini memiliki ratusan titik yang bisa di akses. Setidaknya, ada sekitar 350 titik menurut ahli akupuntur.

Ketika seseorang jatuh sakit, aliran energi ini tidak mengalir sebagaimana mestinya. Untuk itulah, dibutuhkan cara untuk mengembalikannya. Cara yang dimaksud ialah dengan menusukkan jarum pada titik yang tepat.

Pada praktiknya, terkadang butuh puluhan jarum yang menempel pada tubuh pasien. Jarum ditusukkan dengan membentuk sebuah pola pada titik yang tepat. Tentunya, pola ini disesuaikan dengan jenis penyakit yang akan disembuhkan.

Prosedurnya sendiri dimulai dengan memanaskan jarum terlebih dahulu. Jarum yang sudah dipanaskan mulai ditanam pada tubuh. Untuk durasinya, jarum akan menancap sekitar 5-30 menitan.

Pasien akan diminta untuk tenang. Tujuannya supaya jarum tetap berada pada titik yang dikehendaki. Dengan begitu, proses penyembuhan akan lebih cepat.

Ketika pasien melakukan terapi, tingkat kesembuhan dipandang lebih tinggi. Namun perlu dipahami bahwa terapi ini tidak bisa memberikan hasil instan. Tergantung pada jenis penyakit yang diidap oleh pasien.

Penyakit kronis tentu saja membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama. Setidaknya, pasien memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu. Durasi ini nantinya bisa memperlihatkan adanya kemajuan. Misalnya rasa nyeri mulai menurun atau hilang sama sekali.

Jenis Akupuntur Berdasarkan Asal Negaranya

Jenis Akupuntur Berdasarkan Asal Negaranya
Jenis Akupuntur Berdasarkan Asal Negaranya
Akupuntur mulai dikenal oleh dunia. Alternative pengobatan ini lantas melahirkan berbagai jenis. Salah satunya didasari oleh tempat asalnya.

Perlu digaris bawahi jika akupuntur ini besar di 3 negara. Artinya, negara inilah yang melahirkan metode sekaligus sering memanfaatkannya sebagai media penyembuhan.

Lantas, ini juga menggambarkan tentang metode yang digunakan. Secara umum, jenis akupuntur jika dilihat dari asal terapisnya dibedakan menjadi 3. Yakni akupuntur Tiongkok, Jepang dan Korea.

Akupuntur Tiongkok dikenal dengan pemanfaatan jarum yang lebih tebal dan banyak. Area yang dicakup juga lebih luas. Tentunya, ini menjelaskan bahwa seluruh tubuh yang bermasalah akan dipenuhi oleh tusukan jarum.

Sementara akupuntur Jepang biasanya menggunakan jarum yang lebih tipis. Area yang ditusuk adalah jalur meridian. Dan fokus utamanya berada pada punggung dan perut.

Sedangkan akupuntur Korea lebih mengedepankan pada 4 buah jarum saja. Keempat jarum ditusukkan pada area yang strategis. Maksudnya, penempatannya disesuaikan dengan jenis penyakit yang sedang ditangani.

Jenis ini sudah dipelajari oleh para terapis. Menariknya, akupuntur bisa dilakukan tanpa jarum. Yakni dengan memanfaatkan sebuah peralatan khusus yang disebut dengan elektro akupuntur.

Cara tradisional maupun modern ini sudah dikuasai oleh pihak klinik terapi akupuntur Surabaya. Anda tinggal datang ke lokasinya. Kemudian konsultasi sebelum terapi dilakukan.

Jenis Akupuntur Berdasarkan Tipe Pengobatan


Jika dilihat dari jenis pengobatannya, jenis akupuntur ini lebih banyak. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Akupuntur Tubuh

Akupuntur Tubuh
Akupuntur Tubuh

Jenis ini yang lazim digunakan oleh kebanyakan terapis. Jarum yang terbuat dari baja dengan diameter kecil akan ditusukkan pada kulit. Jarum yang tertanam akan dibiarkan beberapa menit sampai proses terapi selesai.

Jenis ini dimaksimalkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Anda yang sedang menderita penyakit bisa menggunakan metode tersebut.

2. Aurikularis

Aurikularis
Aurikularis

Tipe pengobatan ini terfokus pada satu area. Area ini dipercaya sebagai jalur utama yang bisa mewakili keseluruhan jalur. Ibaratnya, titik ini adalah pusat dari keseluruhan titik yang tersebar dalam tubuh.

Titik ini berada pada area telinga. Pada praktiknya, seorang terapis akan menanam jarum pada area di telinga. Jarum yang digunakan lebih tipis. Biasanya diimbangi dengan sebuah plester.

Penggunaan plester ini dimaksudkan agar bisa mempertahankan posisi jarum. Pasalnya, metode ini memerlukan waktu penanaman lebih lama. Setidaknya, jarum akan tertanam sekitar 1 minggu penuh.
Tipe ini digunakan untuk mengobati kecanduan.

Selain itu, tipe Aurikularis juga bisa digunakan bersamaan dengan jenis lainnya.

3. Elektro Akupuntur

Elektro Akupuntur
Elektro Akupuntur

Jenis pengobatan ini memanfaatkan aliran listrik. Jarum nantinya di stimulasi dengan arus. Setelah itu, peralatan ini didekatkan pada titik akupuntur.

Metode ini tidak menyakitkan. Pasien hanya akan merasakan kesemutan. Hanya saja, tidak semua orang diperbolehkan untuk menggunakannya. Ini berkaitan dengan kondisi pasien sehingga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu.

4. Akupresur

Akupresur
Akupresur
Tipe yang selanjutnya dinamakan dengan akupresur. Teknik ini mengedepankan pada penekanan pada titik akupuntur. Tekanan ringan namun terpola menjadikan tubuh semakin relax.

Metode ini biasanya digunakan untuk menangani masalah sakit kepala. Lebih-lebih, ini berguna untuk mengatasi mual yang muncul di pagi hari. Contohnya ialah morning sickness.

5. Magnet

Magnet
Magnet
Penanganan masalah kesehatan ini dilakukan dengan memanfaatkan magnet. Magnet khusus ini diletakkan pada titik utama. Menariknya, metode ini bisa digunakan oleh siapa saja lantaran peralatannya dapat dibeli di apotek.

6. Moksibusi

Moksibusi
Moksibusi
Jenis selanjutnya disebut dengan Moksibusi. Ini merupakan sebuah teknik penyembuhan yang memanfaatkan ramuan pengobatan. Ramuan ini dibubuhkan pada jarum yang nantinya ditanam pada tubuh.

7. Heat Treatment

Heat Treatment
Heat Treatment
Jenis ini merujuk pada proses pemanasan jarum sebelum digunakan. Jarum yang menancap pada tubuh dialiri panas sehingga sensasinya sangat kuat. Pada praktiknya, heat treatment ini ditujukan untuk menangani permasalahan cedera olahraga.

8. Bekam

Bekam
Bekam
Jenis terakhir disebut dengan bekam. Bekam sendiri masih menjadi pilihan sebagian orang. Karena manfaatnya luar biasa dalam menyembuhkan penyakit.

Bekam ini memanfaatkan sebuah gelas dan api. Api dinyalakan pada gelas untuk mendapatkan oksigen. Kemudian gelas yang terisi dengan oksigen ditempatkan pada tubuh untuk menghasilkan efek vacuum.

Sensasinya ialah gelas ini menempel dan menyedot kulit. Cara kerja ini dipercaya bisa mengangkat sejumlah masalah kesehatan.

Manfaat Dari Akupuntur

Manfaat Dari Akupuntur
Manfaat Dari Akupuntur
Terapi dengan menusukkan jarum ini nyatanya lebih disukai oleh masyarakat. Alasan utamanya ialah lebih murah biayanya. Selain itu, orang yang menjalani terapi pengobatan tidak perlu minum obat setiap waktu untuk mendapatkan kesembuhan.

Diketahui bahwa kebanyakan orang tidak menyukai obat-obatan. Kesannya, orang lebih memilih untuk membiarkannya. Kecuali jika kondisinya sudah sangat parah.
Ketika ada pilihan yang lebih mudah tanpa obat, alternative inilah yang dipilih.

Tidak salah jika banyak orang yang memutuskan untuk memilih metode ini. Salah satunya dengan datang langsung ke klinik terapi akupuntur Surabaya.

Pertanyaannya, apa sebenarnya manfaat dari akupuntur? Ditinjau dari beberapa riset, ada beberapa manfaat yang membuat Anda bahagia. Karena manfaatnya baik untuk kesehatan.

Study yang dilakukan oleh peneliti dari Arizona State University mengemukakan bahwa akupuntur bermanfaat bagi kesehatan mental. Hasil terapi ini bisa bertahan sampai 3 bulanan. Tentunya dihitung setelah seseorang menjalani terapi.

Sementara manfaat lanjutannya ialah mampu menurunkan tekanan darah, mengatasi nyeri leher, migraine, lambung, sampai mengurangi efek samping dari tindakan kemoterapi. Tentunya, ini memberikan gambaran tentang besarnya manfaat dalam mendukung kesehatan pasien.

Jika dilihat dari garis besarnya, terapi ini menjadi solusi untuk menangani berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Oleh karenanya, tidak salah bila orang yang menderita suatu penyakit membutuhkan terapi ini.

Efek Samping Akupuntur

Efek Samping Akupuntur
Efek Samping Akupuntur
Ketika menjalani terapi akupuntur, sebagian orang akan mengalami beberapa kondisi. Ini merupakan bagian dari efek samping. Salah satunya ialah merasa sangat kelelahan.

Kelelahan ini sering terjadi pada seseorang. Ketika Anda mengalaminya, Anda disarankan untuk beristirahat. Istirahat diperlukan untuk mengembalikan kebugaran sembari memperoleh manfaat secepatnya dari terapi.

Selain itu, efek samping lainnya berupa ruam pada kulit. Kulit akan tampak memerah dan terasa gatal. Kondisi ini disebabkan oleh masuknya jarum dalam tubuh. Dan ini biasanya berlangsung cukup singkat.

Kondisi ini terkadang diikuti dengan rasa sakit. Terutama ketika jarum mulai dicabut dari tubuh. Ini juga menjadi kondisi yang sangat lumrah. Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Kemudian efek lainnya ialah merasakan pusing. Pusing ini juga sering dirasakan oleh pasien. Biasanya pusing ini terjadi sehabis terapi.

Ketika kondisi ini muncul, Anda sebaiknya duduk terlebih dahulu. Tenangkan diri dan ambil napas panjang dan hembuskan secara perlahan. Lakukan beberapa kali sampai kondisinya stabil.

Orang yang Tidak Boleh Terapi Akupuntur

Orang yang Tidak Boleh Terapi Akupuntur
Orang yang Tidak Boleh Terapi Akupuntur
Klinik terapi akupuntur Surabaya ditenagai oleh praktisi yang handal. Pengalamannya dalam dunia akupuntur sudah teruji. Praktisi ini juga memahami bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi pasiennya. Begitu pula, praktisi ini mengetahui siapa saja yang tidak diperbolehkan untuk terapi akupuntur.

Orang yang dilarang terapi ialah orang dengan riwayat gangguan pendarahan. Gangguan ini sangat membahayakan diri sendiri. Pasien seharunya memberitahukan pada terapis sebelumnya.

Terapis biasanya angkat tangan untuk kondisi tersebut. Risikonya terlalu besar. Contohnya ialah menimbulkan pendarahan hebat akibat tusukan jarum.

Selain itu, ibu hamil juga tidak disarankan untuk menjalani akupuntur. Kehamilan ini bisa bermasalah jika tetap dipaksakan. Risiko yang mungkin timbul ialah kelahiran premature.

Biaya Terapi Akupuntur

Biaya Terapi Akupuntur
Biaya Terapi Akupuntur
Terapi ini sudah menjadi opsi yang diharapkan oleh sebagian orang. Bahkan, orang yang sudah putus asa dengan pengobatan medis biasanya datang. Hal ini disebabkan oleh tingkat keefektifan dalam menangani sejumlah permasalahan.

Pilihan ini memang sangat masuk akal. Klinik terapi akupuntur Surabaya sangat terbuka. Praktisi ini bekerja untuk membantu Anda dalam mengembalikan kualitas hidup. Yakni sembuh dari penyakit yang kronis sekalipun.

Mengenai biayanya, terapi ini terbilang sangat murah. Biaya terapi ini di kisaran 100-190 ribu rupiah per sesi. Tergantung pada siapa yang mengadakan terapi ini. Artinya, ada kemungkinan bahwa biayanya bisa meningkat.

Anda yang memiliki masalah ringan biasanya cukup melakukan terapi beberapa kali. Masalah kesehatan akan teratasi dengan baik.

Sebaliknya bila mengalami masalah serius, Anda mungkin butuh 8-12 kali pertemuan. Bisa juga lebih. Tergantung pada tingkat permasalahan yang dihadapi oleh pasien.

Tetapi yang pasti, terapis akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengobati pasien. Anda hanya perlu menentukan praktisi yang terpercaya. Tujuannya supaya pengobatan yang dilakukan bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Cara Memilih Praktisi Akupuntur

Cara Memilih Praktisi Akupuntur
Cara Memilih Praktisi Akupuntur
Faktanya, ada banyak sekali praktisi yang membuka layanan ini. Salah satunya ialah praktisi yang baru lulus di bidang tersebut. Untuk itulah, Anda perlu jeli dalam menentukan tempat agar terapi ini membuahkan hasil. Nah, bagaimana cara Anda mencarinya?

Cara yang pertama ialah dengan mengenali reputasi klinik. Reputasi klinik yang baik tentunya menjadi acuan tersendiri bagi pasien. Setidaknya, peluang untuk sembuh dari penyakit semakin besar. Bahkan, pengobatan yang dilakukan lebih nyaman dan aman.

Kriteria klinik yang baik ialah memprioritaskan pasien. Ini berarti bahwa pelayanan yang diberikan lebih baik. Pelayanan ini membuat pasien merasa lebih nyaman.

Selain itu, klinik juga sudah berdiri lama. Lamanya berdiri menunjukkan eksistensinya semakin dipertimbangkan. Setidaknya, pandangan orang ialah klinik ini memang sudah dimanfaatkan oleh banyak pasien.

Cara yang kedua ialah dengan mencari tahu terapisnya. Mengenali kemampuan dari terapis tentu sangat direkomendasikan. Pasalnya, terapis inilah yang bertanggung jawab mengenai metode pengobatan.

Jangan asal-asalan dalam memilih terapis. Anda perlu memahami keterampilan dan pengalamannya dalam menangani pasien. Jika tidak, Anda akan buta dengan rekam jejak terapis yang kemungkinan merupakan orang baru di bidang tersebut.

Cara yang ketiga ialah dengan meminta rekomendasi dari orang. Anda bisa bertanya langsung pada orang yang pernah menggunakan jasa terapis. Jika tidak menemukannya, Anda bisa melihat testimony pasien.

Testimony ini biasanya bisa dilihat pada sebuah website. Terutama klinik terapi akupuntur Surabaya yang mempromosikan layanannya melalui internet.

Anda tinggal melihat seperti apa tanggapan dari pasien sebelumnya. Tanggapan ini yang dijadikan bahan pertimbangan. Misalnya bila pasien merasa puas dengan hasilnya, ini berarti klinik tersebut memang terpercaya.

Akhirnya, Andalah yang memutuskan apakah akan menjalani terapi atau tidak. Jika Anda memang mantap untuk mengobati penyakit dengan tuntas, mengunjungi klinik terapi akupuntur Surabaya adalah pilihan yang bijak.

Posting Komentar untuk "Klinik Terapi Akupuntur Surabaya"